Kamis, 10 April 2014

Laba-Laba Cinta Mesin Mobil, Pabrikan pun Pening

DI era modern, bukan hal yang aneh jika seseorang mencintai kendaraan, khususnya mobil. Banyak orang rela menghabiskan waktu dan biaya untuk dapat menjadikan mobil sebagai rumah kedua mereka. Namun siapa sangka, ternyata bukan hanya orang yang mencintai mobil, laba-laba pun demikian. Bedanya, laba-laba ini menyukai aroma bensin, bahan bakar mobil.

Lalu, apa jadinya jika laba-laba pecinta aroma bensin ini ada di mobil Anda? Pusing tujuh keliling, itulah yang dialami produsen mobil, Mazda Motor Corp. Dalam tiga tahun terakhir, Mazda mengaku telah dua kali menarik kembali (recall) ribuan sedan Mazda 6 dari Amerika Serikat (AS) dan Amerika Utara. Pertama, 42 ribu sedan tipe serupa dengan mesin 2,5 liter produksi 2010-2012 ditarik kembali oleh Mazda di AS. Namun sayangnya, penarikan kembali tidak segera dilakukan untuk wilayah di luar AS.

Alhasil, recall yang kedua terjadi di Amerika Utara terhadap 65 ribu sedan Mazda 6 keluaran 2009-2010 karena jaring laba-laba memblokade saluran penguapan ventilasi tabung. Masalah yang sama, kata Mazda kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Ulah laba-laba yang menurut Reuters pada 2011 bernama Yellow Sac ini tidak hanya melintasi bagian dalam mesin, tapi juga membuat sarang yang menghalangi ventilasi mesin.

“Laba-laba ini hanya suka aroma bensin,“ ujar analis mobil seperti dilansir Reuters, Jumat (4/4).
Laporan NHTSA menyebutkan jaring laba-laba yang berkelokkelok menyebabkan aliran bahan bakar terbatas sehingga mengurangi tekanan tangki bahan bakar ketika kontrol emisi pembersihan uap bekerja dari tabung penguapan. Tekanan yang berkurang dapat mengakibatkan tangki bahan bakar pecah dan bocor hingga meledak.

Mazda sendiri mengaku tidak menyadari bahaya kebakaran karena sarang laba-laba. Namun setelah itu, Mazda berusaha memperbaiki masalah dengan menambahkan air ke saluran tabung ventilasi untuk mencegah laba-laba merangkak ke dalam.

Untuk beberapa saat, solusi itu berjalan. Namun, tak berapa lama ada beberapa laporan lagi mengenai keretakan tangki bahan bakar dari pengguna.

Belajar dari sembilan kasus ketika tangki rusak meski pegas dibuat, ahli mesin Mazda menetapkan perubahan perangkat lunak sedan tersebut.

Itu untuk menjaga tangki dari keretakan meski sarang laba-laba menghalangi ventilasi.
Mazda juga mengimbau masyarakat membawa kembali mobil mereka ke diler untuk pemeriksaan ventilasi dan program ulang perangkat lunak.

Penyumbatan itu tidak ada di tipe mobil lain buatan Mazda yang dibuat di Michigan. Akhirnya, Mazda menghentikan produksi mobil di pabrik Flat Rock, Michigan, Agustus 2012.(Ire/E-4/MEDIA INDONESIA,08/04/2014,HAL:13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar