Rabu, 10 September 2014

New Fuso FJ2523

Ingin Jadi Raja Truk Medium
TRUK medium yang bakal dipergunakan mengangkut barang konsumsi dan infrastruktur diprediksi menjadi salah satu primadona di segmen mobil komersial. Karena itu, Mitsubishi menambah lagi lini truk mediumnya dengan meluncurkan New Fuso FJ2523 di Sentul, Bogor, kemarin “New Fuso FJ2523 menyediakan truk long wheelbase untuk transportasi barang yang efektif dan efisien. Dengan dimensi superpanjang, New Fuso FJ2523 menyediakan kapasitas super, efisiensi super, dan tenaga super,“ ujar Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Noboru Tsuji.

Group Head of Field Marketing Mitsubishi Fuso Truck and Bus KTB Marganda Tobing mengklaim truk enam roda berpenggerak dua roda (6x2) teranyar ini menawarkan kenyamanan kabin, performa, dan efisiensi biaya operasional.

Yang pertama ialah periode penggantian oli transmisi, oli gardan, dan oli mesin yang lebih panjang ketimbang kompetitor. “Oli transmisi diganti tiap 25 ribu kilometer, oli gardan tiap 75 ribu km, dan oli mesin tiap 50 ribu km,“ sebutnya.
Jika dibandingkan, jangka waktu penggantian oli yang dimiliki para kompetitor terpaut jauh. Menurut Marganda, maksimal waktu penggantian oli pesaing Fuso FJ2523 ialah 10 ribu km untuk oli transmisi, 20 ribu km untuk oli gardan, serta 20 ribu km untuk oli mesin.

Di sisi lain, dengan sistem injeksi bahan bakar minyak (BBM) menggunakan unitized pump, risiko kerusakan akibat kualitas solar yang buruk di Indonesia dapat diminimalkan. “Unitized pump terdiri dari enam injeksi, satu injeksi untuk setiap silinder sehingga lebih aman,“ ucap Marganda. “Jika salah satu injeksi rusak pun, kendaraan masih bisa berjalan dan tidak perlu diganti keseluruhan pompa. Cukup salah satu injeksi,“ sambungnya.Tenaga maksimal New Fuso FJ2523 juga menggunakan pelat kopling berdiameter terbesar di kelasnya, 395 mm. Hal itu, menurut Marganda, berdampak pada daya tahan kopling saat menjelajah medan plus transfer tenaga dari mesin ke roda yang lebih maksimal.

Truk medium bermesin diesel 6.373 cc tersebut diklaim memiliki torsi terbesar di kelasnya, 83,4 kgm di putaran 1.200-1.600 rpm. “Gardannya memiliki fitur inter wheel differential lock. Jika salah satu sisi ban tidak memiliki traksi, tinggal pencet tombol dan roda tetap bisa bergerak. Ini berbeda dengan truk sejenis lainnya,“ aku Marganda.

Kenyamanan kabin dan pengendaraan dalam Fuso FJ2523 tak luput dari perhatian. Kenyamanan itu ditingkatkan antara lain melalui fitur tilt and telescopic steering, sleeper cab, intelligent meter cluster, sampai kursi yang dapat diatur ketinggiannya.
“Beban yang dapat diangkut truk ini sampai 49 ton atau 56,4 m3,“ tandas Direktur KTB Takahaki Hirayami soal truk medium dengan wheelbase 7.050 mm yang dibanderol Rp584 juta itu.

“Fuso adalah model mobil komersial kami bagi negara-negara berkembang. Ini strategi kami mencapai penjualan 290 ribu unit di Asia pada 2020 untuk keseluruhan truk Daimler dan Mitsubishi,“ tutup Head of Product Engineering Daimler India Hidekazu Kano.
MFTBC memang telah diakuisisi oleh Grup Daimler AG. Fuso FJ2523 sendiri diimpor dari India.(Xan/S-2) Media Indonesia, 4/09/2014, hal 22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar